Jasa

Tiga Hari bersama TBI Pondok Indah dalam Creative Writing Short English Course

Secarik Cerita Awal Aku Menulis Artikel Bahasa Inggris

Pada awal-awal aku terjun ke dunia blog di tahun 2011, aku harus menulis artikel dengan bahasa inggris seadanya. Berhubung saat itu tujuanku membuat blog sebagai syarat mendaftar Google Adsense. Dan atas arahan beberapa teman yang sudah lebih dulu lolos mendaftar Adsense, ternyata Google itu lebih menyukai blog berbahasa inggris dan microniche.

Namun, saat itu aku hanya membuat artikel dengan merangkum beberapa artikel sebagai referensi dengan bahasa inggris seadanya. Bahkan, aku lebih sering menggunakan Jasa Penulisan Artikel untuk membuat artikel bahasa inggris lalu menambahkan beberapa kalimat sesuai keinginanku.

Akhirnya aku lolos Adsense dan melanjutkan penulisan beberapa blog berbahasa inggris untuk meningkatkan pendapatan Adsense. Walaupun secara penghasilan memang bertambah, namun aku sendiri pun kalau membaca artikel di blogku saat itu sangat kaku dan tidak menarik. Untungnya, algoritma Google jaman dulu belum terlalu fokus pada User Experience yang mengutamakan pengalaman pembaca.

Nah, itu dulu ceritaku dulu saat punya blog berbahasa inggris untuk tujuan Adsense dan Affiliasi.

Saat ini, dikarenakan pekerjaan utamaku itu ngantor seharian full bahkan kadang sampai malam juga, ngeblog yang kujalani itu lebih ke ngeblog santai tapi tetap menghasilkan. Hahaha…

Ya, secara emak-emak kan selalu pengen punya penghasilan tambahan walaupun dari hobi. Dan dari ngeblog santai itu, aku sudah sering mendapatkan tawaran pekerjaan dari beberapa brand atau perusahaan jasa untuk membuat artikel semacam review produk atau review tempat.

Bahkan, aku beberapa kali mendapat tawaran menulis artikel review dalam bahasa inggris. Kalian bisa membacanya di blog ini kok. Nah, saat mendapat tawaran seperti itulah selalu muncul niat menambah kemampuan menulis artikel berbahasa inggris yang enak dibaca namun tetap memenuhi brief dari klien.

Yeay…Dapat Kesempatan Belajar Bareng TBI

Bersyukur, aku mendapat kesempatan belajar bahasa inggris untuk pelatihan penulisan artikel yang kreatif dari TBI Pondok Indah. Dan ini hasil kerjasama dengan Komunitas ISB tempat para Blogger Indonesia bernaung dan belajar, aku salah satu blogger yang bernaung di bawah Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur

Oiya, The Bristish Institute atau sering disingkat dengan TBI adalah institusi pendidikan bahasa inggris yang sudah berusia 40 tahun loh. Yup, TBI didirikan pada 18 Februari 1984. Artinya sebentar lagi TBI berulangtahun ke-40. Hahaha…ternyata aku dan TBI umurnya gak beda jauh ya.

Kelas yang aku ikuti yaitu Creative Writing Short English Course. Kelas tersebut diadakan selama 3 hari yaitu dari tgl.22-24 Januari 2024 pada jam 10-12 pagi. Walaupun jadwalnya pas banget saat kesibukan kantor, namun aku berusaha banget untuk bisa tetap mengikuti kelas sambil mengerjakan pekerjaan kantor. Puji Tuhan, pekerjaan kantor tidak terganggu dan aku tetap bisa berinteraksi di kelas.

Selama 3 hari kami dipandu oleh 2 mentor yaitu Miss Tamara dan Mr.Wiku yang selama pelajaran selalu menggunakan bahasa inggris. Hahaha, kami para siswa yang merupakan blogger dan juga rata-rata sebagai IRT tetap pede berdialog menggunakan bahasa inggris dengan kedua mentor.

Sebelum kelas dimulai, kami juga dimasukkan ke Google Classroom untuk memudahkan pendistribusian dan pengumpulan tugas dan jadwal zoom kelas setiap harinya. Jadi setiap kelas diadakan, kami wajib membuka aplikasi Google Classroom.

Nah, berikut foto-foto kami saat zoom. Tidak banyak fotonya karena jadwal yang padat dan masing-masing peserta dipaksa aktif unyuk menjawab dan berinteraksi. Seru banget. Konsep yang dibawakan itu menurutku konsep bermain dan belajar. Karena selalu ada permainan baik secara individu maupun berkelompok untuk menjawab pertanyaan mentor atas materi yang sudah kami pelajari.

Buatku, belajar singkat bersama TBI memang berkah banget. Ada kesan-kesan yang membekas dan membuatku mereferensikan TBI untuk kalian yang saat ini mau meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, seperti :

  1. Guru yang mengajak setiap siswa untuk selalu berinteraksi di kelas.
  2. Guru yang membantu setiap siswa untuk bisa mengerti dengan cara yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa.
  3. Kurikulum yang sangat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan para siswa.
  4. Metode belajar online yang up-to-date.
  5. Kami semua juga terpesona karena….guru-gurunya fasih banget bahasa inggrisnya sampai merasa bicara dengan native speaker.

Ssst…Ada Yang Menarik di TBI khusus Februari 2024

Nah, di Februari 2024 ini TBI akan berulangtahun yang ke-40. Yaitu pada tanggal 18 Februari 2024.

Dan untuk merayakan ulangtahunnya, TBI memberikan penawaran-penawaran yang sangat menarik buat kamu belajar bahasa inggris. Periode penawarannya yaitu tgl.1-29 februari 2024.

Apa saja sih penawarannya? Here they are :

  1. Placement Test dan Konsultasi Kursus Bahasa Inggris GRATIS
  2. Potongan Harga Kursus Bahasa Inggris sebesar 18%.
  3. Lucky Dip (Study & Shopping Vouchers, Merchandise,etc). Syarat & Ketentuan berlaku ya…
  4. Kegiatan seru dan menarik lainnya seperti talk show, special performance, pop-up store, dll pada tgl.23-24 Februari 2024 di TBI Pondok Indah.

Buat kalian yang berdomisili di seputaran Pondok Indah, Jakarta, kamu bisa datang dan kursus di cabang TBI Pondok Indah. Ya, tempat aku belajar tadi ya… (Artinya bisa ketemu dengan Ms.Tamara dan Mr.Wiku yang fasih banget bahasa inggrisnya).

TBI juga punya banyak sekali program belajar dan pengembangan skill sesuai profesi.

Core Program yang terdiri dari :

  1. Young Learner English
  2. Global English.
  3. Academic English (IELTS, TOEFL, TOEIC Preparation)
  4. Professional English.
  5. Corporate Training.

Customised Programmes yang terdiri dari :

  1. Workshop for Professionals.
  2. Private Classes.
  3. International Exam Prediction Test.

Powered by UTC yang terdiri dari :

  1. ICAS
  2. Teacher Training.
  3. CELTA.
  4. Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools).
  5. Digital Learning.

Nah, kalau aku tadi sudah membeberkan kesan-kesan selama mengikuti short course dari TBI Pondok Indah, ternyata ada lagi nih alasan-alasan kenapa kamu sebaiknya memailih kursus bahasa inggris di TBI Pondok Indah. Berikut ya…

  1. Berkualitas dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, dan modul atau panduan ayng digunakan saat belajar.
  2. Sistem belajar yang bisa dilakukan secara online dan offline.
  3. Lokasi TBI Pondok Indah yang sangat strategis, dekat ke pusat perbelanjaan, perkantoran, sekolah, tempat nongkrong, restoran, cafe, dan lainnya.
  4. Jadwal kelas yang variatif yang bisa dipilih siswa sesuai ketersediaan waktu. Siswa dapat memiih jadwal dari Senin-Sabtu pada jam 09.00 pagi – 20.30 malam.
  5. Biaya kursus yang pastinya Terjangkau ya.

So, mau tanya-tanya lebih banyak lagi atau langsung konsultasi (mumpung Gratis loh…) langsung aja hubungi TBI Pondok Indah di alamat-alamat berikut :

TBI Pondok Indah

Telepon : 021 751 0020 / 0852 8006 8450
Email : info.pondokindah@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbipondokindah_
Facebook : TBI Pondok Indah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x