Secarik Cerita

Fakta unik Kambing Boer, Si Kambing Sultan berharga Fantastis

Kambing Boer, si Kambing Sultan

Aku kira hanya artis aja yang Sultan. Ternyata ada juga binatang keturunan sultan loh. Haha…tapi ini bener. Gelar sultan saat ini biasanya diberikan kepada hal-hal yang wah dan spesial.

Nah, domba dan kambing juga ada yang sultan loh. Artinya, jenis yang memang sangat berkualitas dan harganya fantastis alias muahalll. Beberapa waktu lalu aku pernah mengulas tentang domba dorper, salah satu domba sultan yang juga mahal dengan kualitas daging super.

Kali ini aku mau mengulas tentang si kambing sultan ini. Namanya Kambing Boer. Namanya agak mirip ya dengan domba dorper. Sama seperti domba dorper, kambing jenis ini harganya juga mahal dan merupakan kambing penghasil daging kualitas yahud.

Banyak diidolakan sama peternak bule, saat ini peternak Indonesia juga mulai melirik kambing boer untuk bisnis peternakan. Walaupun harganya mahal tapi sebanding dengan kualitas yang diperoleh.

Kenapa Harga Kambing Boer Mahal?

Seperti domba dorper, kambing ini juga berasal dari Afrika Selatan. Namun, saat ini Australia banyak mengembangbiakkan si Boer ini karena keunggulan, kualitas dan kemudahan perawatannya.

Kambing Boer (Sumber : pixabay)

Dengan ciri tubuh yang kokoh, lebar, kaki pendek, bulunya putih, telinganya panjang, dan kepala yang berwarna cenderung coklat, membuatnya berbeda dengan kambing lokal. Oya, baik jantan maupun betina, kambing ini sama-sama mempunyai tanduk dan juga postur tubuh yang hampir sama. Bedanya kalau betina, kepalanya agak ramping. Ya, bentuk feminim lah.

Untuk Kambing Boer Fullblood dewasa bisa sampai berharga Rp.35 juta. Dan untuk beratnya juga bisa mencapai 160kg. Wow! Padahal dengan harga segitu, sudah bisa mendapatkan kira-kira 7 ekor kambing lokal ya.

Usut punya usut, ternyata kemahalan harga si Boer ini bukan tanpa sebab. Persis dengan si Dorper yang juga merupakan domba sultan yang tahan banting. Kambing Boer ini juga merupakan jenis kambing yang tahan banting. Jadi bukan hanya tubbuhnya yang kokoh. Tapi juga bisa bertahan hidup di berbagai kondisi dan juga tidak rewel dalam hal makanan. Pokoknya yang penting makan rumput hijau aja udah seneng banget nih si Boer.

Dengan kemudahan dalam perawatan, membuat pertumbuhan si Boer ini cepat sekali. Bayangkan, sehari pertambahan berat badannya bisa 400gr. Ya wajarlah untuk kambing dewasa berusia 1-3 tahun mempunyai berat tubuh bisa mencapai 160kg, hampir 3 kali lipat berat tubuh kambing lokal.

Karena itulah harga kambing boer ini mahal. Karena memang kambing raksasa ini sangat baik sebagai kambing penghasil daging berkualitas. Benar-benar melimpah dagingnya.

Dimana Beli Kambing Boer Bersertifikat Asli

Kalau kalian pengen merasakan endesnya daging kambing boer atau pengen beli untuk dijadikan indukan atau juga mau beli untuk kurban, gak perlu ke Afrika atau Australia kok.

Kambing Boer di GB Farm

Cukup hubungi peternakan Gibas Barokah (GB Farm) yang memang spesialis banget untuk domba dan kambing impor. Pastinya membeli Kambing Boer impor di GB Farm akan mendapat Sertifikat keaslian dari Australia. Jadi sudah terjamin kalau kambing boer memang langsung diimpor dari Australia ya. Bukan hasil kawin silang.

Asiknya lagi, kita juga bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan GB Farm untuk menentukan kambing yang mau dibeli sesuai kebutuhannya untuk apa. Selain itu GB Farm juga menyediakan kambing boer dengan berbagai pilihan usia. So, langsung aja kunjungi situsnya atau hubungi call centernya.

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

10 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Icha Marina Elliza

Mantappp kali ini kak. Harga 35 dengan berat 160 kg. Beneran superrrbbbb.

Syukurnya pun sekarang udah ada supplier kambing boer ya kak. Kalo bibit/anakan harga berapa ya kak

iidYanie

Wah kalau gitu cocok dong ya Kambing Boer diimpor ke Indonesia biar diternakkan atau dikawin silang gitu, biar keturunanya dapat gen yang bagus, nice info nih kak πŸ™‚

Bocah Udik

Satu ekor kambing bisa seberat dengan Sapi. Harganya pun fantastis banget ya. Memang ini kambing sultan beneran

Nufazee

wuih keren juga nih kambing dan aku baru tahu, trus jadi penasaran rasa daging dan susunya kayak gimana

Dewi Chairani

Baru tau ada kambing sultan 😁 tp memang sepadan sih sama berat badannya ya yg wow. Besar pasti ya. Kalau etawa, itu termasuk kambing sultan gk kak?

Sakinah Annisa Mariz

Aku baru tau ada kambing semahal ini 😭😭
Kalo Aqiqah pake kambing Boer 160kg bobot per ekornya pasti udah bisa ngundang ratusan orang, wahahaha..

Nafilah Cha

Kambing juga punya kasta sosial ya kak. Penasaran rasanya dagingnya kayak apa ya

10
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x