Secarik Cerita

7 Tips Telinga Tetap Sehat Walau Pakai TWS setiap Hari

Adakah yang seperti aku, pakai TWS setiap hari? Ya buat online meeting, buat nelpon, buat main game, sampai buat dengerin musik pastinya.

Ya, jaman sekarang yang menuntut gerak cepat dan ringkas, TWS lumayan bisa membantu kita-kita ini yang super sibuk dan gak mau ribet dalam penggunaan gadget.

Buatku, penggunaan TWS yang paling membantu itu untuk nelpon dan online meeting ya. Jadi sambil nelpon atau ngikutin online meeting, aku bisa tetap kerja.

Dengan TWS, gak bakalan terganggu sama kabel headset yang menjurai kadang malah bikin hape bisa jatuh. Ribet juga kan harus bawa-bawa hape hanya karena lagi nelpon pakai headset.

Nah, kalau TWS ini enaknya ya itu, walau hapeku ada di meja kerja, tapi aku masih bisa telponan meskipun sedang ke dapur atau ruangan lain. Karena sekarang ada TWS yang punya fitur bluetooth terbaru yang punya kemampuan koneksivitas sampai 5 meter, jadi hape gak harus selalu dikantongin kan.

Dengan kecanggihan fitur-fitur TWS yang memanjakan kita ini, kita hampir lupa sama kesehatan telinga. Yuk, kita sama-sama belajar gimana caranya menjaga telinga tetap sehat meskipun pakai TWS setiap hari.

Tips Telinga Tetap Sehat Memakai TWS

Jangan hanya karena supaya semangat kerja atau ringkas dalam beraktivitas dengan bantuan TWS, lantass kita melupakan kesehatan telinga kita yaa. Kesehatan pastinya jauh lebih penting dan harus lebih dahulu diperhatikan.

Nah, supaya telinga tetap sehat walaupun rutin menggunakan TWS, berikut ada 5 tips agar telinga tetap sehat :

Trik 60-60

Apaan tuh trik 60-60?

Jangan langsung pusing apalagi pingsan yaaa. Trik itu artinya mendengarkan dengan TWS non stop selama 60 menit dan volume di 60%.

Jadi, setelah penggunaan TWS non stop selama 60 menit, kita harus membebaskan telinga kita dari TWS. Istilahnya kita memberi istirahat kepada telinga kita dari dentuman suara yang keluar dari TWS langsung ke lubang telinga.

Lalu, dianjurkan mendengarkan TWS dengan volume maksimal 60%. Memang kadang-kadang kita kalau udah senang sama sebuah lagu atau film, gak puas rasanya kalau mendengarnya dengan volume yang tidak menggelegar. Tapi kasian kan telinganya.

Maksimal 1 Jam Sehari

Nah, akibat maraknya penggunaan TWS di jaman sekarang ini, penelitian oleh WHO menunjukkan bahwa lebih dari 1 miliar penduduk dunia mulai dari usia remaja sampai dewasa berpotensi kehilangan pendengaran. Wuih…seremnya.

Jadi, WHO menyarankan nih agar kita menggunakan baik TWS, earphone, headset, dll itu paling banyak 1 jam saja dalam sehari.

Kalau memang ada kebutuhan mendengarkan audio gadget atau komputer lebih dari 1 jam, baiknya menggunakan speaker saja.

Penting! Jangan pakai TWS saat Tidur.

Baik saat sudah nyenyak atau cuma tidur-tiduran alias golek-golek, tolong jangan pakai TWS atau earphone atau headset. Karena gendang telinga semakin tertekan oleh suara dan juga earbud TWS yang menekan lubang telinga secara langsung semalaman.

Aku udah pernah ngalamin ini, dan asli hampir seminggu telinga kiri cuma bisa mendengar suara kecil banget. Jadi aku harus rajin terapi dan bersihin sama tetesin obat tetes telinga. Puji Tuhan telinga kembali normal.

Jadi, jangan pakai alasan supaya tidur nyenyak harus dengar musik lalu pakai TWS sepanjangan malam sambil tidur ya. Bahaya pakai banget!

Konsumsi Omega 3 dan Vitamin

Supaya ksehatan telinga lebih prima, maka perlu juga didukung dengan asupan vitamin dan mineral.

Apa aja sih vitamin dan mineral yang bikin telinga tetap sehat?

  1. Omega 3
  2. Vitamin D
  3. Asam folat
  4. Magnesium
  5. Zink
  6. Vitamin C
  7. Vitamin E

Eitss…bukan berarti kalau sudah mengkonsumsi ketujuh vitamin diatas trus bisa dengar TWS berlama-lama, volume kencang, dan tiduran pula ya. Tetap gak boleh.

Jaga Kebersihan Telinga

Rajinlah membersihkan telinga dari kotoran yang menyumbat secara berkala.

Gak harus setiap hari. Mungkin bisa seminggu sekali. Yang penting kotoran-kotoran tidak menumpuk di telinga ya.

Karena ketika ada tumpukan kotoran trus dibarengi pengggunaan TWS setiap hari, kotoran tersebut bisa semakin masuk ke dalam telinga dan menyumbat gendang teliga.

Oya, jangan lupa loh, untuk mengeluarkan kotoran dari telinga jangan menggunakan cotton bud. Tapi gunakan obat tetes yang banyak dijual di apotek lalu cotton bud yang akan membersihkan area luar telinga dari sisa tetesan kotoran dan obat tetes.

Jaga Kebersihan TWS

Bukan hanya kebersihan telinnga yang harus diperhatikan. Kebersihan TWS juga perlu diperhatikan juga loh.

Bayangin kalau TWS kamu banyak debu, keringat, kotoran telinga, itu sama saja seperti menambah sampah ke dalam telinga dan bisa membuat telinga jadi infeksi kan.

Makanya, kalau bisa nih jangan juga meminjamkan TWS kalian ke orang. Kalau sudah terlanjur dipinjam, langsung dibersihkan sebelum kalia menggunakannya.

Kalau aku biasanya membersihkan TWS itu pakai tisu atau kapas yang disemprot alkohol. Tapi tisu atau kapasnya jangan terlalu basah ya. Lalu setelah itu dilap dengan tisu kering.

Pilih TWS yang tepat untukmu

Sekarang ini sudah banyak diproduksi TWS dengan berbagai model. Dan kabar baiknya, banyak juga mmodel TWS yang yang bisa digunakan untuk jangka waktu lama tanpa takut telinga jadi rusak.

Contohnya, sekarang ada TWS model ear hook dan bone conduction yang modelnya itu tidak masuk ke dalam lubbang telinga. Jadi hanya menggantung di telinga tapi tetap bisa mendengar suara dari TWS seskaligus suara dari luar juga. Dan pengalamanku selama ini, pengggunaan TWS model ini lumayan tidak mengganggu kesehatan telinga.

So, jangan fokus dengar TWS melulu tapi tetap jaga kesehatan telinga ya….

Referensi Artikel : www.klikdokter.com/info-sehat/tht/kiat-menggunakan-earphone-agar-aman-untuk-telinga

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x